RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI GOGO TERHADAP PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS KOMPOS SAMPAH KOTA



DOI: https://doi.org/10.25077/js.14.1.10-17.2017

Yusnaweti Yusnaweti *  (Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.Tel 0751-4851002)

(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian Respon Pertumbuhan Dan Hasil Padi Gogo Terhadap Beberapa Dosis Kompos Sampah Kota adalah percobaan lapangan dan laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Tujuan penelitian untuk mendapatkan dosis kompos sampah kota yang tepat untuk ;pertumbuhan dan hasil padi gogo. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 5 taraf dan 4 ulangan yaitu : dosis kompos sampah kota adalah 0, 5, 10, 15 dan 20 t/ha. Data pengamatan dianalis secara statistika dengan uji F pada taraf nyata 5 %. Hasil peneltian memperlihatkan dosis 20 t/ha dapat memberikan hasil yang terbaik untuk pertumbuhan tanaman padi gogo.

Kata kunci: Kompos sampah kota dan padi gogo
Copyright (c)


Full Text:

PDF

References


Agustamar. 2007. Kajian prospek penerapan Metode SRI (The System of Rice Intensification) pada sawah bukaan baru. Disertasi. Progam Pascasarjana. Univ. Andalas. Padang. 202 hal.

Agustamar, BS. Ahmad dan Y. Sondang. 2011. Rancangan Formulasi Organo Kompleks In-siu Untuk Perakitan Teknologi SRI (The System of Rice Intensification) pada sawah bukaan baru. Laporan Peneliian Hiber th I. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Badan Pusat Statistik. 2014. Statistik Indonesia. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Bilman. 2008. Modifikasi lingkungan melalui sistem penanaman serta penambahan bahan organik dan zat pengatur tumbuh dalam upaya peningkatan produktifitas padi gogo (Oryza sativa L.). Disertasi. Progam Pascasarjana. Univ. Andalas. Padang. 210 hal.

Defeng, Z., C. Shihua, Z. Yuping, and L. Xiaqing. 2002. Tillering patterns and the contribution of tillers to gain yield with hybrid rice and wide spacing. China National Rice Reasearch Institute, Hangzhou. CIIFAD, http://ciifad.cornell.edu/sri:ciifat@cornell.edu. 125-131 p.

Gusnidar, Syafrimen, Burbey, Yusnaweti dan Yulnafatmawita. 2010. Pemberian Kompos Tithonia (Tithonia difersifolia) dan Jerami padi terhadap input pupuk buatan dan produksi padi sawah intensifikasi.

Yusnaweti. 2012. Pengaruh jenis dan dosis bahan organik terhadap pertumbuhan padi gogo pada Ultisol. Prosiding, Seminar Nasional, Pengembangan Agroindustri Untuk Mendukung Perekonomian Rakyat. Politeknik Pertanian Payakumbuh, November 2012

Yusnaweti. 2013. Respon Padi Gogo Terhadap Jenis Dan dosis Cendawan Mikoriza Arbuskula pada Ultisol. Joernal Menara Ilmu, Vol V no 38.

________. Kasli, Eti Farda dan Reni Mayerni. 2014. Uji Beberapa Jenis Kompos yang yang tidak dan di beri Fungi MikorizaArbuskula Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi Gogo di Lahan Marginal. Joernal Menara Ilmu, Vol III, no 45.

________. 2015. Response of Different Mycorrhizal Fungi and AdoptionSRI Mehode on The Growth And Production of Up land Rice. Seminar I ternational, Vietnam.

________. 2016. On Growth Response and the Results of Upland Rice due to the Allotment of Some a Dose of Compost Bamboo Leaves Joernal Menara Ilmu, Vol X, jilid 2 no 73.


StatisticsArticle Metrics

This article has been read : 731 times
PDF file viewed/downloaded : 28 times

Copyright (c)



ISSN: 2356-0835